22 April 2018

Tentang Bau

Selamat hari Minggu dari Seoul yang udah gerimis aja dari Shubuh,

Lalu, ada cerita apa tentang bau dan minggu? Hihihi... Sebenernya ga ada hubungannya sih. Cuma pengen cerita aja tentang bau yang semoga bisa diambil pelajarannya. Lho? Maksudnya?

Jadi, disini saya bekerja paruh waktu di salah satu perusahaan yang di dalamnya buanyak banget orang asingnya. Singkat cerita ruangan saya pindah, dari yang tadinya satu ruangan dengan tim kerja tetapi harus pindah ke ruangan besar dimana semua tim kumpul di situ. Dan, bertetanggalah meja kerja saya dengan satu tim, sebut saja tim dari negara X. 

Winter berlalu dan musim semi jelang panas datang. Sudah dari dulu memang salah satu anggota tim negara X sepertinya memiliki masalah dengan bau badan, semakin menyerbak bau nya karena faktor cuaca. Dan saya, teman saya merasa sangat terganggu karena letak meja kami memang benar-benar dekat. Sedikit saja dia bergerak pasti bau nya langsung menyebar dan menusuk. Apalagi kalau dia datang ke meja saya untuk bertanya sesuatu. Seriously, kerja ga fokus dan saya yang sensitif dengan bau-bau-an suka mau muntah. Pernah satu hari saya ga bisa masuk ruangan dan memilih menghirup udara segar di luar kantor beberapa menit (semacam membawa bekal udara baik sebelum masuk ruangan). Karena emang beneran bau nya bikin mau muntah. Bagaimana saya harus menjelaskan bau itu? Hmmm... seperti bau ketek dan keringat yang amat sangat berlebih. 

Alhasil setiap hari saya memakai masker di ruang kerja dan menyalakan kipas angin kecil yang khusus saya letakan di meja kerja saya. Percayalah, pagi-pagi ruangan kantor masih amat sangat segar, tapi ketika dia datang semua berubah. Nyalain AC? Udah banget. Udara sedikit lebih segar tapi sayangnya beberapa teman yang posisi meja nya dekat dengan AC mengeluh kedinginan. Serba salah. Sampai pada suatu hari teman saya mengeluhkan hal ini ke boss. 

Tara-taraaa... kalian tau apa yang terjadi? Dengan bicara jujur tanpa ditutup-tutupi Boss bilang ke orang tersebut kalau dia sepertinya punya masalah bau ketek. Dan sambil menjelaskan sambil boss menunjuk ke arah ketek dengan harapan dia mengerti apa yang Boss sampaikan. Iya, karena bahasa Korea dia yang sangat limited sekali heu. Setelah diberi tahu, siangnya dia pergi membeli wangi-wangian, dan yang ia beli adalah lilin aroma terapi. Percayalah, tidak ada yang berubah heu. Dan ia hanya menyalakan lilin itu selama dua hari saja. Btw, sebelum ia beli lilin, boss udah beli aroma terapi yang dipasang di dekat pintu masuk kantor. Ada dua. Saya culik satu dan saya letakan di meja kerja saya demi kehidupan saya yang lebih baik hahaha... Dan ga ngaruh! 

Kemaren, bau nya udah bikin saya hampir menyerah dan memutuskan masuk ruangan boss bahwa ini adalah masalah serius. Tapi, saya ga tetep ga berani. Keluarlah dia, ke toilet sepertinya. Langsung saya semprot pewangi seisi ruangan. Dan teman-teman saya yang dari negara lain tertawa. Hmm.. apakah mereka paham? wkwkw... Dan benar saja, setelah itu tanpa direncanakan kami berkumpul di dapur kantor. Kita semua mengeluhkan bau badannya. Ternyata oh ternyata, baunya sampai ke ruangan tim sebelah. Serius, ga bisa dibiarkan. Satu teman kasih saran buat beli arang, karena arang bisa menyerap bau-bau-an (benarkah?). Tapi yang pasti esoknya saya dan teman langsung cari arang hahaha...

Arang berhasil kita temukan tapi kita harus minta izin boss meletakan arang di kantor. But you know what, si Boss saat itu juga langsung menghubungi dia bahwa dia bau dan teman-teman merasa terganggu. Dia beralasan itu bau baju, katanya.. entah kenapa wlo baju sudah dicuci tapi tetap bau. But seriously lah- kita bisa bedakan bau baju dan bau badan. Sampai konyolnya, teman saya berasumsi ... mungkin bahan baju dari negara X bau kali yaa... hahaha... ini guys, klo kamu pergi ke negara orang dan kamu melakukan kesalahan, negara pasti dibawa-bawa. Iya, kamu adalah perwakilan negara kamu. Begitu kurang lebih.

Ok fine- dia berjanji akan ganti baju. Boss sampai menawarkan mau membelikan baju, obat atau deodoran kalau dia membutuhkannya. Haha.. sebegitunya yaaa~

Naah, lalu apa pelajaran yang bisa diambil dari cerita ini? Please guys, jangan malas mandi dan pakailah wewangian. Jangan sok kepedean 'gue mah ga mandi juga ga bau kok' atau 'ah, bajunya baru dua kali pake jadi masih belum bau. masih bisa dipake' atau blablabla.. Pikirkan hajat hidup orang lain di sekitar kamu *tsaaahh... 

Jadi keingetan, jaman SMP dulu juga saya pernah mengalamin hal serupa. Teman saya, yang duduk persis di belakang saya memiliki masalah dengan bau sepatu nya yang seriusan- bikin ga konsen belajar. Bau nya masih terekam jelas dalam ingatan saya sampai saat ini - parah kaann! Iya, teman saya sepertinya malas cuci sepatu, dekilnya luar biasa. 

Anyway, satu lagi - kalau ada yang bingung beli parfum, tanya teman atau tukang parfum, karena mereka yang mencium wangi itu, bukan hanya kamu. Dan dia, parfumnya wangi rempah-rempah. Pake parfum salah- ga pake parfum juga salah.

Oh.. kita lihat apakah ada perubahan besok.
Ayo periksa aroma tubuh kita! Jangan sampai mengganggu orang~

Sekian.
Seoul 22 April 2018   01.52 PM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar