26 Juli 2014

Cerita kecil di Ramadhan, Jeonju. ~Tiga~

Ramadhan. Pasti setiap orang punya 'ritual' khusus di bulan yang paling kece ini, bulan penuh cinta. Termasuk saya, ada beberapa 'ritual' yang sering atau selalu saya lakukan di Ramadhan. Iya, dulu, waktu saya menjalankan semuanya di Indonesia. Mulai dari sahur sampai sahur lagi.

Waktu di Indonesia, saya selalu menjadwalkan pergi ke acara-acara Islami, entah itu konser musik Islami yang sering diadakan selepas sholat taraweh di beberapa masjid atau konser musik di kampus ^^. Dulu, waktu di Indonesia, setiap habis taraweh dan tadarusan bareng keluarga, saya dan mamah suka leye-leye depan TV sambil liat acara konser musik Ramadhan di TV atau ceramah ustad-ustad selebriti di TV yang biasanya nyampe tengah malem. Dulu, suka ngabuburit bareng sama keluarga~ si ade yang nyetir dan saya pengendali remote CD haha ^^. Dulu, di akhir-akhir Ramadhan suka bikin kue bareng sama mamah yang hasilnya selalu tak sama dengan gambar di buku, hehe.. seruu~ dan tentunya sibuk cari baju lebaran juga (ini mah saya selalu nodong mamah, beda rasanya beli baju di bulan biasa sama pas lebaran). Masih banyak lagi~

Omg~ jadi melloww~~ Iyess, saya selalu menikmati 'ritual-ritual' itu dan sekarang saya merindukannya. Betapa ya, semua bakal kerasa berarti kalo kita udah pergi dan berpisah, meski sementara (nah lho? apa coba?) Sekarang, semua itu ga ada lagi T_T (mau peyuk mamah)~

But anyway, tinggal di negara lain bukan berarti kita ngijinin Ramadhan pergi gitu aja, kita harus pinter cari cara biar kerasa banget Ramadhannya. Orang lain ga bisa bantu kita, tapi kita sendiri. Cuma diri kita yang bisa bikin Ramadhan is truly Ramadhan (Mulai semangat! Membara!). Saya, di Korea- saya ga mau cuma puasa aja tanpa ngerasain soul 'Ramadhan' nya. Terus gimana donk ngedapetin soul Ramadhan? Gini nih~ misalnya, cari komunitas muslim dan muslimah : yakin deh, kalo udah nemu pasti bakal ada kegiatan yang Ramadhan banget yang bisa di ikuti. Di Korea alhamdulillah komunitas ini aktif banget, jadi saya bisa belajar banyak. Mereka lebih intens mengadakan kajian Islami di bulan Ramadhan by streaming (tentunya) ^^~ Ada juga tadarus bareng. Keren deh~ dari sini kamu bisa ngedapetin soul Ramadhan, seriusan! Cara lain, klo saya masih suka streaming TV Indo malem-malem buat liat acara Ramadhan dan penonton acara tersebut yang punya semangat Ramadhan. Itu bakal nular lho (menurut saya). Atau, kalo saya suka banget streaming radio MQ FM, naaahh... dengerin radio islami kayak gini nih bisa bikin semangat Ramadhan kamu naik dan naik ^^~ Selain itu, baca buku yang bisa ngingetin kita dan bisa bikin deket sama Maha Pencipta itu juga penting lho~ saya ya suka 'nonjok' diri saya sendiri, kenapa ya megang buku kuliah bisa berjam-jam atau bahkan seharian tapi megang buku Islami mani susaaaah pisan, klo pun bisa waktunya ga sebanyak pegang buku kuliah huhuhu...~ terakhir, tentu aja tadarus. Biar berasa bedanya sama hari lain, di bulan Ramadhan harus lebih giat lagi, waktunya harus ditambah, lembaran per-harinya harus ditambah. Well, itu semua emang sulit banget, apalagi jadwal memaksa kita buat nongkrong di kampus hampir seharian wkwkw... tapi bismillah, bisa ^^

So, tinggal jauh dari kampung halaman di bulan Ramadhan bukan berarti kamu ga bisa dan ga berhak buat dapat Ramadhan nya kamu~ mari hidupkan Ramadhan di tanah kamu berpijak, sekarang. Diri ini punya hak buat di charge lho~ anyway, ini pilihan~ kamu yang nentuin ^^
 
Cuma ingin berbagi cerita. Selamat shaum ^^

Jeonju. 26 Juli 14  12.31 PM


Tidak ada komentar:

Posting Komentar