30 April 2015

Kirim Pesan atau Telpon Malem-malem?

Dulu, dulu banget waktu saya masih aktif dan belajar di salah satu organisasi Islam bersama kakak-kakak, adik-adik, dan sekaligus orang tuanya, saya belajar satu hal yang masih saya ingat sampai sekarang. Iya, tentang Etika Berkomunikasi by Phone. Di organisasi itu saya di ajarkan untuk tidak kirim pesan atau telepon malam-malam. Apalagi ke lawan jenis. (Alhamdulillah dapet pelajaran berharga yang ga bisa saya dapet di kelas).  Banyak alasannya. Mereka, orang-orang yang saya kagumi tidak mengajarkan saya secara detail dan satu persatu, tapi kemudian saya rangkum dan mulai memahami, kurang lebih:

Pertama, malam itu waktunya untuk istirahat. Kurang sopan rasanya mengganggu istirahat orang dengan pesan atau telepon yang sebenarnya masih bisa dikirim atau dilakukan besok. Apalagi yang sudah berkeluarga, malam itu waktunya quality time bersama anggota keluarga. Kedua, malam hari itu waktu melepas lelah. Kalo posisinya sendiri tentunya paling asyik kalo ada yang merhatiin dan manjain. Nah, kalo yang tiba-tiba nongol di layar ponsel adalah lawan jenis. Heu~ anda tau apa yang  mungkin akan terjadi. Apalagi kalo yang ngehubungin si doi yang lagi ngasih sinyal baik atau justru kamu yang mau kasih sinyal baik. Nah, mari menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Ketiga, untuk sebagian besar pelajar, malam hari itu waktunya ngerjain tugas. Iya, waktu khusuk dan konsen buat dating sama laptop atau buku. Daaaan, masih banyak lagi alasannya. Setiap orang punya alasan masing-masing yang tentunya tidak sama, tapi kurang lebih tiga poin itu yang umum banget. 

Teruuuuuss, kapan donk waktu yang tepat buat ngehubungin orang? Cari tau orangnya kayak gimana. Apakah pelajar, apakah pekerja, apakah ibu rumah tangga, dll. Kalo belum kenal deket, pake bahasa yang sopan, kalo di sunda mah punten dulu bisi ngaganggu, Di akhirnya bisa bilang : 'balesnya nanti aja kalo memang lagi ga sibuk'. Jangan sampe kamu langsung nodong dengan pertanyaan, apalagi situasinya hubungan kalian ga deket apalagi baru kenal. Yep, kalo hubungannya deket sih bisa kapan aja~ tapi kalo engga, heu... bisa bikin bete orang. Saya tipe yang begini.

Saya paling anti ngebales pesan malam hari. Kalo di Indo dulu saya kasih batas waktu jam 10 malem. Tapi di Korea, mengingat kesibukan yang makin meningkat baik saya maupun teman-teman saya, maksimal waktu ngebalas pesan buat saya adalah jam 11 malam. Telpon? sorry, ga akan saya angkat kecuali kalo emang penting buanget. Contohnya kemarin, saya di telpon jam 12 malem sama temen, saya memutuskan angkat karena memang kami lagi bikin event penting, dan eventnya emang bakal digelar besok pagi. Jam 11 malem saya belum tidur, saya masih bisa liat dan cek ponsel sambil ngerjain tugas atau cuma iseng baca buku, Tapiii... pesan-pesan tersebut ga akan saya balas. Maaf. Saya butuh memanjakan diri saya untuk istirahat. Dan ini juga kasih 'pelajaran' buat yang lain dan mengingatkan diri sendiri, kalo kita ga bisa ngehubungin orang seenaknya atau sesuka hati. 

Tentunya, ada beberapa pengecualian buat saya. Kecuali kalo yang ngehubungi sahabat dekat, keluarga, atau kondisinya emang darurat atau mendesak banget (contoh kayak event di atas). Nah, case kayak gitu kalo saya masih 'sadar' baru saya jawab atau angkat. Daaannn~ saya juga paling anti pegang hape pas jam-jam kuliah. Ga jarang kalo saya ikut organisasi atau event saya bilang di awal, saya ga bisa dihubungi jam segini dan jam segini. Itu saya. Hihihihi... maaf ya kalo yang ngehubungin malem terus besok siang pas lunch atau sore baru saya balas. 

Ada lagi yang kadang bikin saya bete tentang komunikasi. Tiba-tiba suka ada yang nongol di chat messanger fb atau di email yang tanya, misal tentang beasiswa. Nah, nanyanya itu pake langsung aja tanpa basa-basi, misal : Halo teh, kamu kuliah di Korea ya? Mau tanya donk! Blablabla~ heu.. menurut saya itu amat sangat ga sopan. Jreeengg~ permisi, siapa ya? heu~ Ga jarang saya balesnya agak entaran karena emang keburu bete. Kalopun saya bales, pasti saya awali dengan 'salam dan salam kenal' dan sedikit basa-basi yang lain misal: 'apa kabar? semoga selalu baik ya' atau 'makasih ya udah baca blog saya', tentunya dengan harapan si pengirim pesan paham- piss ^^v. Terus gimana donk cara menghubungi yang baik? Ini menurut saya yaaa, baiknya ucapin salam dulu, perkenalkan diri kamu, dan tanya kabar si orang yang kamu hubungi, misal : apa kabar? semoga selalu baik ya ^^~ naaaahh... begitu. Hihihihi... saran aja untuk mengindari hal-hal yang ga enak dan biar hubungan terjalin dengan baik.

Iya, poin penting nih. Perhatikan siapa yang akan kamu hubungi, apakah professor, apakah boss, apakah ketua kalian, atau mungkin calon mertua kalian. Hihihihi... tentunya bahasa akan beda doonkk dengan ketika kalian menghubungi teman 'gila' kalian, sahabat, adik, kakak, keluarga, dan mungkin calon suami bagi yang punya hihihihi ^^ 

Semoga tulisannya bermanfaat ^^ mari menjadi pribadi yang lebih baik ^^ *mengingatkan diri sendiri*

Seoul 28 April 2015   01.36 PM

1 komentar: