13 Januari 2016

Visa Jepang Di Tolak? Tersenyumlah~

Visa Jepang Di Tolak? Tersenyumlah~
Heu.. judul yang susah banget. Gimana mau senyum kalo plan yang udah dibikin semateng mungkin harus sirna karena visa di tolak. Belum lagi kalo tiket pesawatnya proses refund nya repot bin ribet.

Jadi saya berencana taun baruan di Jepang bareng suami. Melepas kangen setelah sekian lama dipisah jarak kurang lebih 846 miles. Jangan ditanya rasanya ketika visa ditolak. Huhuhu... waktu itu saya nangis seminggu-an. Tiap pagi pas bangun tidur rasanya seseeeek banget. Berharap cuma mimpi. Parahnya pas dapet kabar buruk itu deadline paper UAS di depan mata. Parah dehh terpuruknya (heu). 

Saya sih pede aja visa bakal di accept sama kedutaan Jepang. Kenapa? Karena sebelum apply saya udah cari banyak informasi termasuk teman-teman yang bilang klo visa ke Jepang gampang kok. Apalagi kalo punya surat sakti kalo kita adalah penerima beasiswa pemerintah (punya income tetap dan ga akan macem-macem karena data kita juga jelas). Aman daah~ sehari juga jadi. Gitu katanya. Dan perlu digarisbawahi, semua dokumen yang mereka minta sudah saya penuhi.

Singkat cerita saya pergi ke kedutaan Jepang di Korea. Ngumpulin semua berkas sendiri. Pergi ke kedutaannya sih bareng temen yang juga mau buat visa Jepang tapi rombongan gitu. Jadi temen saya bantu bikinin visa temen-temennya, empat orang. 

Langsung aja yaa, ga usah cerita detail. Saya jadi keheul lagi.. heu..

Intinya visa saya ditolak lebih awal dibanding temen-temen saya (mungkin karena saya urus sendiri, bukan grup atau rombongan). Saya email kedutaan Jepang dan nanya alasan kenapa di tolak. Tapi mereka bilang, ga bisa dikasih tau alesannya. Udah aturannya gitu katanya. Ga nyerah, saya bilang kalo ada keraguan kenapa ga panggil saya dan wawancara. Dan selesai. Mereka ga gubris lagi email saya. Heu.. kejam. Ditolak tanpa tau alasan. 

Beberapa hari kemudian ternyata temen saya yang satu grup itu pun, 2 orang di tolak visa nya dan tiga orang memilih untuk meng-cancel aplikasi. Karena kabar punya kabar kalo di cancel sebulan kemudian bisa apply lagi. Tapi eng-ing-eng.. ternyata sama aja, yang reject atau cancel baru bisa apply visa setelah 6 bulan. OMG!

Jangan salahkan saya dan teman saya yang berspekulasi macam-macam (karena mereka ga mau kasih tau alasan). Dari beberapa sumber dan hasil analisis kami, saya dan teman menyimpulkan bahwa:

1) kalo mau apply visa kamu harus punya banyak saldo akhir di bank. Nah, jumlahnya ga jelas karena mereka ga minta. Setau kami, berdasarkan teman-teman yang udah pergi jalan ke Jepang, asal punya income tetap perbulan semua aman. Tapi, ada kabar lagi kalo minimal kamu harus punya 1 juta won. Tapiii.. ada kabar lagi kalo kamu harus punya minimal 250rb won per hari. Jadii.. kalo kamu mau tinggal di Jepang selama 8 hari, kamu harus punya duit minimal 8x250rb won = 2 Juta won atau setara 22 juta rupiah. Heu.. agak ga mungkin untuk pelajar.

2) Isu serangan bom di Paris. Naaahh, pas saya dan teman-teman apply itu pas lagi heboh-hebohnya bom di Paris itu. Dan kami semua muslimah berkerudung (kecuali satu orang, engga berkerudung dan bukan Islam).  Kabar punya kabar kalo Jepang memperketat yang masuk ke negaranya.

3) Berita salah satu orang Indonesia yang ditangkep pemerintah Korea karena di duga sebagai teroris. Naaah.. pas saya dan temen apply, berita ini lagi kenceng banget. Iya, ada satu orang Indonesia di Korea yang ditangkap karena di duga ikut organisasi terlarang, semacam teroris gitu. Terakhir denger sih di deportasi. Ini niiihh~ pas ada berita ini orang Indonesia emang lagi di perhatiin banget.

4) Ada satu teman asing saya yang denger berita kalo di negara sana lagi agak sensi sama Islam. 

5) Kalo kamu mau berangkat rombongan. Make sure kamu beli tiket pesawat samaan sama temen yang lain. Dan tentunya berangkatnya pun harus samaan. Ga boleh ada yang duluan atau nyusul-nyusul gitu. Dengan pesawat yang sama tentunya. Kecuali kalo kamu pake Tour and Travel Agent yaa.. mungkin beda lagi urusannya.

6) Kalo kamu mau berangkat rombongan. Make sure itinerary nya sama, jangan ada yang beda.

7) Another case. Ada salah satu temen saya yang apply visa ke Jepang dan dipersulit karena duit doi terlalu banyak. Hahahaha... punya banyak uang di curigai, uang sedikit syalaahh. Lalala. Iya,, temen saya nyambi kerja gitu, jadilah otomatis duitnya banyak. Sampe di wawancara gitu dehh.. heu. 

Jadi?

Entahlaah~ ini cuma kabar-kabar saja. Saya sebenernya ga mau nebak-nebak. tapi karena mereka ga mau kasih tau alasan yaaa... jadi saya dan teman menebak-nebak. CMIIW yaa.

Terakhir, tidak mau meninggalkan jejak buruk dengan marah-marah atau sejenisnya (temen pernah liat ada orang marah2 di embassy karena visa ditolak), saya kirim email terakhir ke kedutaan Jepang (karena gemes dan penasaran), baik-baik dan sopan-sopan (nanya ke beberapa temen buat make sure kalo bahasa saya sopan). Intinya saya kasih masukan, agar kedua belah pihak tidak berspekulasi negatif, ada baiknya diadakan interview kalo memang ada keraguan terhadap applicant. Begitu. Sekian dan terima kasih. ^^v

Tanya: kenapa kamu ga bikin Visa Visit aja? Kan mau ketemu suami? 
Jawab: Lebih ribet lagi syaratnya, pake bukti bill telepon suami lah, ini lah, itu lah. Toh emang saya juga mau jalan-jalan di Jepang, jadi saya bikin visa tourist. Lagian suami belum lama tinggal di Jepang. 

Eniwey, ini case bikin visa Jepang dari Korea yaa~ entahlah kalo dari negara lain.

Apapun itu~ tersenyumlah. Pasti ada cerita yang lebih keren setelahnya. 

Seoul 13 Jan 2016  07.54 AM



7 komentar:

  1. Halo mbaa.. mau tanya jadi nya skrng udah ke jepang blm? Saya jg lg mau buat visa jd takut ditolak juga hhehe makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Andirniz,
      Klo saya ujungnya ga jadi ke Jepang hihihi... efek males ngurus lagi ^^v

      Hapus
  2. Halo sis,
    Sy td pagi baru apply visa buat ke JepAng liburan akhir tahun ini...aplly nya dari Australia karna lago study disini..
    adueehhh deg degan sis dari tadi baca2 pengalaman2 orang... mesti tunggu 5 hari kerja baru tau.. soalnya duit d rek juga ga bnyak 50jt doang dibanding temen yg lain yg ampe ratusan..buat jalan2 lebih dri 2 minggu doang..
    aduuuh g bisa tidurrr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Sis, berhasilkah?
      Semoga lancar jaya yaa hihihi ^^

      Hapus
  3. Hi sis saya jg tgl 12 Juni harus ke kedutaan Jepabg di Sydney krn krn me saya sudah disini lama tapi masih paspor Indonesia. Rencana berangkat 2-17 Sept. Kalau deg2an mah gausa ditanya. Dokumen saya semua lengkap & rekening bank puji Tuhan hampir 1M. Pekerjaan pun sudah tetap dgn gaji fixed income. Kira2 mudah gak ya prosesnya utk saya? Thn 2017 saya apply Schengen visa dri kdutaan prancis di Sydney dan semua slesai dlm wktu 3 hari. Moga2 kali ini pun sama2 lancar & gampang

    BalasHapus
  4. Hi mba thanks for sharing. Kasusnya sama sama saya nih. Kebetulan lagi di Thailand buat kuliah lagi. Kalau saya tabungan ada sekitar 40 juta, lamanya seminggu udh beli tiket PP Bangkok Narita Bangkok. Udah ada booking hotel dll. Tapi tetap ditolak. Itinerary juga cuma di Tokyo aja jalan2. Ngga ngerti deh kayaknya kalau ga ngurus visa di negara asal emg diribetin deh. Hiks. Saya rugi tiket PP karena air asia ga bisa refund hiks. Jadi kesel dan bete sama Jepang.

    BalasHapus
  5. Sy jg sama.karena perbedaan marga..di passport ada..di ktp dan kk gk ada(setelah di revisi bt yg bru).mama sy jg sama.kami ikut rombongan tur.tp karena marga sepertinya kami ditolak.yg lebih lucu..tggl 10 hri brgkt disuruh revisi nama passport..hahaha.gmn cranya..baca di mbah gugel aja butuh 1 smpe 2 bln.nyesekk krn tiket gk bs refund dan smua uda di payment smpe lunasss nass nass..dan skr cuma bs hela napassss yg pnjg

    BalasHapus