16 November 2014

Korean Wedding

Nikah!

Hahaha... jangan langsung mikir postingan kali ini tentang nikahan saya, beluuum~ ini tentang nikahan temen saya dan tentang undangan pernikahan pertama yang saya terima selama di sini, lalalala~ seneng banget! Karena saya selalu penasaran dengan hal baru, termasuk gimana sih nikahannya orang sini~ kalo yang tradisionalnya udah sempet belajar langsung tahun lalu di Jeonju, tapi kali ini saya liat langsung versi masa kininya hahaha~

Jadiiii~ yang nikahan teman saya (perempuan) orang Filipina dan suaminya orang Korea ^^ ~ mereka sudah menikah sekitar tujuh tahun yang lalu, tapi baru di rame-rameinnya sekarang. Kenapa? Karena biaya nikah di Korea mahal beud katanya ~ untuk dekorasi bunga aja nyampe 2 juta won = 20 juta rupiah. Lalala.. itu baru bunga lho! Simak laporan saya selanjutnya dan silahkan itung kira2 abis berapa~ hahaha :D *kepo*

Sempet denger kalo datang ke nikahan korea itu semua makeup dan dress up banget. Bingung donk karena saya bukan pemakai dress yang bener2 cewe heu~ mulailah berdiskusi dengan yang lain dan roommate dan jreng! berakhir pada keputusan pake atasan kebaya ^^ uwooow~ kangen pake kebaya saya! 

Paginya, saya bangun kesiangan! Haha.. ga penting yang ini. Dan tiba-tiba ga pede sooo memutuskan pake batik aja~ lagian kebaya saya sedikit ngeblink euy. Dipadu-padankan dengan sepatu flat cewe yang sumpah engga banget dipake pas angin ngegeber di dinginnya autum. Jreng~ ketemu temen cewe saya yang lain (bukan Korea) dan jreeeng~ mereka cuma pake kaos belel donk *gubrak* kalo bule dan teman cowo korea saya semua rapi berjas dan berdasi. Jadi siapa yang salah kostum? Dan ini langkah-langkah menghadiri pernikahan korea:

Pertama. Kamu bakal ketemu dengan meja tamu yang disana tersedia amplop duit buat pengantin. Masukin uang kamu di tempat ke dalam amplop. Kasi nama amplopnya dan tulis nama kamu di buku tamu. Tulisannya harus segede galon. Nanti si penerima amplop nulis nomor di amplop kamu dan setelahnya kamu di kasih voucher kupon makan (hihihi... kamu ga bisa makan tanpa kupon ini, guys!) Kalo level mahasiswa dan teman rata-rata ngasih 30rb won, level mahasiswa dan sahabat 50rb won, level kerja dan sahabat bisa nepi ka 100rb won, dst. Menurut info temen saya yang lain, malah ada yang parah~ jadi pas di buku tamu kamu juga harus tulis nilai nominal yang kamu kasih. Jangan harap kayak di Indonesia, di masukin box dengan bebas, malah bisa juga masukin amplop tanpa isi haha :D

Kedua. Temen dekat perempuan bisa ketemu bride di ruangan yang ga jauh dari meja tamu. Disana bride duduk di kursi khusus dan 'dipajang'~ gaunnya cantiiiiikk ^^ temen saya cerita dia harus mulai makeup dari jam 5 pagi untuk acara jam 11 ini. Eits~ riasan disini beda, tipis~ ga kayak di Indo yang bisa bikin kamu ga kenal siapa pengantennya~ tebeeeel~ *ga semua gini juga sih* banyak juga yang pangling makin cantik ^^

Ketiga. Masuk ke ruang pengaten mengikrar sumpah sehidup semati. Altar. Kedua ibu pengantin jalan ke altar, saling hormat, nyalain lilin, trus hormat ke tamu. Penganten cowo masuk, sambil teriak "Hwaiting" semua tepuk tangan ^^. Groom tunggu di altar, bride dateng sambil dituntun sama ayahnya groom. Lalu pendeta ngasih ceramah. Trus doa sambil nyanyi. Janji penganten. Ceramah pendeta. Pakai cincin. Doa. *Ya ampun~ berasa di gereja. Untung saya ga ngerti*. Trus acara hiburan : anak-anak kecil nyanyi sambil satu-persatu ngasih mawar ke penganten. Selesai, di akhiri sesi foto, dua kali aja: foto keluarga dan foto teman penganten (ga kayak di Indo yang group foto nya banyak banget). Tapi saya prefer yang banyak jepret, seru!

Keempat. Makaaaaan! Sumpaaaah ini mah, makanannya banyak banget. Spot salad. Spot daging. Spot soup. Spot Roti dan Kue. Spot Minuman. Spot Buah. Spot Makanan tradisional. Buanyaaaaak banget jenisnya! Enak lagi~ heu. Mulai deh, alasan kami mahasiswa dipake hahaha :D ~ tapi jangan salah. Di sesi kali ini, yang cepat yang makan yang dapat. Bukan karena setiap makanan porsinya dikit, tapiiii karena ada jam makannya.

11.00 - 12.30 : Upacara + Poto
12.30 - 13.30 : Makan
(FYI. Wedding Hall bisa dipake buat 5 pasang penganten lho dalam sehari)
 
Lewat jam 13.30 kamu bakal di usir~ bakal ada pengumuman kalo acara selesai dan silahkan meninggalkan ruangan. Jadi guys, manfaatkan waktu kamu sebaik mungkin hihihihi :D ~ 
Waktu itu, semua meja udah kosong. Tinggal satu meja yang berisi, meja kita, foreigners yang masih sibuk makan. Hahaha~
Oia, nanti di sela-sela menikmati makanan si penganten bakal keliling nyamperin meja satu-satu buat ngucapin makasih ke tamu. Disini pengaten ganti baju pake hanbok. Seruuuu~

Jadii~ jangan bingung pilih baju untuk ke nikahan teman korea. Liat cuaca juga, kayak kemaren karena lagi dingin jadi hampir semua tamu berjaket tebal dan ber-boots. Menurut saran teman-teman yang lebih berpengalaman, jangan terlalu makeup dan dress up banget. Kamu bakal diliat sinis sama mereka karena sok tampil paling kece. Jangan pake dress putih, soalnya warna putih cuma buat bride. Daaaan~ jangan lebih cantik dari pengaten, haram ini hukumnya. Heu~ susyeh yee~~

Selamat menikah buat teman saya. FYI, honeymoon kedua mereka ke Bali lho~ sempet minta rekomendasi ke saya hihihihi :D 

Yang belum menikah, semoga segera ^^

Seoul. 16.11.14  09.13 PM

5 komentar:

  1. where's the photo?
    nice posting, mbak Dede.

    salam sesama blogger :)

    BalasHapus
  2. Hei Fitrah ^^
    Makasiiih lho udah mampir ^^~
    Fotonya akan segera di upload, nunggu kiriman dari temen dulu nih ^^v
    Salam ^^

    BalasHapus
  3. Hallo Verly Hyde ^^
    Saya? Atau?
    Aamiin ^^

    BalasHapus
  4. Hallo Kak,

    By the way, dapet beasiswa KGSP univ mana ya kak? Saya cari di profil kok gak ada? hehe

    BalasHapus