01 November 2014

Nami Island, Kakek, dan Oktober.

Tiba-tiba ingin bercerita tentang hari yang selalu saya tunggu meski 'menakutkan'. Delapan belas Oktober. Lebih singkatnya, 18-10 ^^

Setiap tanggal ini saya selalu dan harus melakukan perjalanan. Untuk berdialog kecil dengan diri tentang setahun kemarin, ketika usia masih lebih muda dari hari ini dan yang akan dilalui. Untuk berterima kasih pada diri akan usahanya sejauh ini dalam membuat mimpi menjadi nyata, sedikit demi sedikit. Bentuk terima kasih saya terhadap diri saya adalah menikmati indahnya belahan bumi Sang Pencipta. Dan tahun ini, saya manjakan diri dengan mengunjungi Nami Island, Korea Selatan. Alhamdulillah, dikasih kesempatan kesini.

Perjalanan dari kampus saya di sekitar Anam-Seoul menuju Nami Island memakan waktu yang ehem~ panjang. Hampir dua jam. Tapi tentunya tanpa macet ^^ karena naik kereta dilanjut naik kapal ferry~Saya belum mau nulis tentang Nami karena itu akan sangat panjang *hoream* singkatnya, Nami itu KECE! Subhanallah banget ^^

Waktu yang tepat pergi ke Nami adalah musim gugur, dimana bunga cantik berwarna-warni menyelimuti Nami. Cantik. Banget. Daaaan, otomatis semua orang mau menikmati eloknya Nami. Yup, foto. Sooo.. kapal ferry penuh dan kereta penuuuh. Harus ngantri. Disini inti ceritanya:

Pulang dari Nami saya naik kereta. Dan saya harus melewati 22 stasiun untuk kemudian transfer kereta lain (bayangkan sodara-sodara). Tentunya udah ga bisa berharap dapet kursi kosong di kereta. Fiuuuh~ means harus siap berdiri yang bisa dibaca cangkeul. Saya selalu menyiapkan benda-benda yang bisa bikin saya enjoy dan ga bete meski harus berdiri satu jam tiga puluh menit : headphone plus hape dan lagunya dan buku. Kali ini saya bawa buku Filosofi Kopi nya Dewi Lestari. Saya berdiri tepat di dekat pintu kereta, disitu ada tiang kecil bagian dari bangku kereta. Nempel lah saya disana sambil denger lagu dari headphone plus baca Filosofi Kopi. Saya sangat menikmati. Beneran ini mah. Meski yang ngobrol disana sini. Bau alkohol dan lalalala nya. Saya dan dunia saya. Terkadang saya membaca sambil bersuara, hahaha.. ga ada yang ngerti juga saya ngomong apa dan beberapa kali ketawa dan seyum-senyum sendiri. Ada satu bagian dari buku yang saya suka, kata-katanya 'nyebelin' banget hihihi~ judulnya Kunci Hati dan Selagi Kau Lelap. Nah, ini cerita bikin saya senyum dan ketawa kecil. Dan eng ing eng~ ternyata ada yang merhatiin saya, seorang haraboji (kakek) yang berdiri selang satu orang (teman saya). Jadi ga disebelah saya banget. Kakek itu udah berumur. Mungkin 70 something. Dan ia berdiri tepat didepan istrinya yang duduk. Istrinya jutek. Kenapa saya bilang jutek? Haha.. soalnya tertangkap mata saya sedang berantem kata-kata dengan seorang kakek disebelahnya. Trus si suami nenangin dia, semacam bilang "udah sayang, udah." 

Jreenggg~ lalu si kakek dapet tempat duduk di sebelah istrinya. Duduklah si kakek. Ini nih, si kakek yang merhatiin saya. Saya bales senyum aja sambil hormat manggutin kepala sekali. Lanjut saya baca buku, masih sambil senyum. Dan tiba-tiba, si kakek narik tangan saya, megang kuaaaat banget sambil maksa saya duduk di tempatnya, means sebelah istrinya yang jutek itu. Saya mati-matian nolak. Saya bilang "ga usah, kek. saya gak papa. kakek aja yang duduk. silahkan."~ seperti yang sudah saya sebutkan tadi, si kakek narik dan pegang pergelangan tangan saya kuat sambil narik duduk di kursinya. Jreng, si istri marah-marah, kurang lebih "apaan sih kamu. kenapa dia yang duduk? kamu aja duduk disini. cape tau. duduk! duduk!" Sambil melotot dan jangan tanya saya gimana saat itu. TAKUT. Udah gitu volume suara si nenek lumayan bikin orang ngeliatin kita. Huhuhu~ bukan saya nek. Si kakek lagi-lagi nenangin istrinya sambil senyum. Dan saya berkali-kali minta maap sama si nenek. Saya bengong saat itu. Ga tau apa yang ada dipikiran kakek sampe ngasih kursinya ke saya, bukan ke orang lain yang ada disebelahnya. Saya duduk. Lumayan, sekitar 4 atau 5 stasiun. Satu stasiun menuju tempat berhenti saya, si kakek nanya: udah berapa lama di Korea, ngapain, kuliah dimana. Dan, si kakek kaget banget waktu saya kuliah di kampus itu dan program itu. Hahaha.. si kakek senyum sambil nyemangatin saya buat rajin belajar. Si nenek tiba-tiba jadi baik dan nyemangatin juga. Fiuh~ nek. Saya tau nenek cinta sama kakek. Tapi.. pliss.. saya malu diliatin banyak orang. Haha~

Btw, yang ga bisa saya lupain adalah senyum kakek yang tuluuuuuuuuus banget. Mem-protect saya dengan sangat. Kakek, anda keren. Dan tentunya, wajah jutek pasangannya ^^v (piss).

Saya dan teman-teman saya turun. Sepasang sejoli itu pun turun. Di stasiun yang sama. Hihihi~ Senja tak memudarkan romantis dan possessive.

Ini cerita saya. Di hari ulang tahun saya. Ulang tahun kedua saya di Korea. Dan cerita bersama kakek menjadi pembuka cerita di hari baru saya. Terima kasih, kek. Mungkin kalau kakek saya disini juga akan melakukan hal yang sama untuk gadis mungil nan cantik ini. Hahaha, bagian ini (cantik) saya lebay *pengakuan*

Satu kutipan dari buku Dee malam itu:
Bertambahnya usia bukan berarti kita paham segalanya.

Happy birthday, dear. 
Semoga menjadi muslimah yang lebih baik, disayang Allah.  

Cerita 18.10.14
Seoul. 02. 11. 14  00.53 AM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar